Cek Kecepatan Website Kita, Dari Server Indonesia

kereta cepat

Di dunia internet marketing ada banyak faktor, kenapa calon buyer tidak jadi beli produk kita.

Bisa jadi gambarnya kurang menarik, copy writingnya kurang nendang, informasinya kurang dimengerti, salah target marketnya, websitenya amburadul, performa CS yang turun, dll.

Salah satu penyebabnya lainnya terutama jika kita berjualan menggunakan website yakni, kecepatan loading page website ketika diakses oleh calon konsumen.

Banyak yang fokus pada hasil parameter dari GTMetrix.com mengenai kecepatan website kita. Padahal GTMetrix ini servernya di luar negeri. Sedangkan calon konsumen kita, tinggalnya di Indonesia. Yang secara koneksi Internet belum merata kecepatannya.

Mengacu kepada GTMetrix gak menjadi masalah, hanya saja jangan menjadi acuan. Karena kalau di lokal, mau seberapapun score hasil dari GTMetrix, tapi ketika diakses melebihi dari 4 detik. Rata-rata calon konsumen akan kabur.

Lalu bagaimana cara mengetahui seberapa cepat website kita kalau diakses dari lokal. Coba bukan saja websitenya dengan menggunakan HAPE sendiri.
Atau cara lainnya, menggunakan tools buatan Biznet, dengan pengecekkan langsung dari Indonesia. Berikut linknya:

https://cepatkah.com/

Jadi kita bisa tahu seberapa cepat sih sebenernya website kita. Kalau cepat, di bawah 4 detik sudah kebuka, Alhamdulillah.. berarti website jualan kita aman. Berarti kalau konversinya masih kurang, ada yang salah di angle iklan, target audience, copy writing, gambar, CS atau lainnya.

Tapi jika websitenya lambat, harus dicek dan dioptimasi lebih lanjut. Entah gambarnya dikecilin sizenya, jumlah gambarnya dikurangi, dll.